BMW Vision Neue Klasse: Melihat Masa Depan Mobil Listrik BMW
September 03, 2023BMW Vision Neue Klasse
BMW baru-baru ini mengungkapkan konsep Vision Neue Klasse mereka di Pameran Mobil Munich Motor Show, memberikan gambaran tentang masa depan mobil listrik BMW. Konsep ini menandai perubahan signifikan dalam desain eksterior dan interior, seiring dengan pengenalan teknologi drivetrain canggih.
Ambisi BMW dengan Neue Klasse
Hingga akhir tahun 2023, BMW berencana untuk memiliki mobil listrik yang dijual di setiap segmen pasar inti mereka, dengan target lebih dari seperempat dari penjualan global menjadi mobil listrik pada tahun 2025, yang akan meningkat menjadi sepertiga hanya setahun kemudian. Dengan jajaran mobil listrik sedan dan SUV mereka yang sudah ada, BMW sekarang beralih fokus ke keluarga mobil listrik baru yang radikal.
Mereka menamainya 'Neue Klasse,' sebagai penghormatan kepada sedan dan coupé premium yang telah mengubah citra merek ini pada tahun 1960-an. BMW akan meluncurkan enam mobil listrik Neue Klasse dalam waktu 24 bulan, mengakomodasi berbagai segmen pasar. CEO Oliver Zipse berjanji, "Mulai dari SUV hingga sedan, kami akan memiliki sesuatu untuk setiap pelanggan."
Desain Baru yang Segar
Di bawah permukaan, sedan baru ini dan varian terkaitnya akan memiliki sedikit kesamaan dengan mobil listrik BMW saat ini. Sebuah revolusi teknologi ditandai dengan pendekatan desain yang benar-benar baru yang berbeda dari norma-norma yang ada, sambil tetap mempertahankan beberapa elemen kunci untuk era baru.
Desain eksterior Vision Neue Klasse mewakili evolusi dari konsep i Vision Dee yang mencolok yang BMW perkenalkan sebelumnya. Ini menampilkan estetika yang "jelas, elegan, dan abadi" dengan fitur menonjol seperti grille ginjal yang lebih lebar secara horizontal, jendela samping yang luas, pencahayaan LED yang ramping, dan siluet "monolitik." Menurut kepala desain Domagoj Dukec, pendekatan ini "jauh lebih bersih dalam tampilan dan detail" dibandingkan dengan model BMW baru-baru ini, tidak hanya memberikan tampilan segar dan futuristik tetapi juga menyederhanakan proses produksi.
Bagian depannya dijelaskan sebagai "area interaksi tunggal," dengan lampu depan yang diprogram untuk menampilkan animasi ketika pengguna mendekati mobil. BMW bertujuan untuk memanfaatkan cahaya untuk memperkuat identitasnya, bahkan menggantikan krom dengan cahaya dalam beberapa aspek. Panel 'grille' dapat menampilkan status pengisian daya atau indikator arah, sementara kumpulan lampu dapat menampilkan berbagai warna dan desain tergantung pada mode berkendara yang dipilih.
Meskipun SUV mendominasi penjualan global BMW, konsep Vision Neue Klasse dan i Vision Dee lebih fokus pada sedan, mencerminkan keyakinan BMW akan keberlanjutan mobil datar yang rendah, terutama dalam segmen sedan.
Interior Minimalis dan Kemajuan Teknologi
Interior Neue Klasse EV akan berbeda dari model saat ini dengan kokpit minimalis yang hanya memiliki kontrol fisik yang sangat sedikit, termasuk penghapusan knob kontrol iDrive yang ikonik. Sebaliknya, pengguna akan berinteraksi dengan sistem melalui layar sentuh pusat, Asisten Pribadi Cerdas BMW yang diaktifkan suara, dan tampilan head-up Panoramic Vision yang baru yang membentang di seluruh kaca depan, memberikan informasi pada "tinggi yang ideal" bagi pengemudi dan penumpang depan.
Ditenagai utamanya melalui sakelar di sebelah kanan setir, pengguna dapat mentransfer konten dari layar sentuh ke proyeksi holografis menggunakan gestur gesekan. Konsep ini menampilkan taplak berwarna kuning cerah, setir berbentuk kotak yang kokoh, dan konsol tengah yang 'mengambang' dengan pengisi daya ponsel nirkabel. Selain itu, BMW menyoroti bahwa setiap kursi depan didukung oleh hanya satu bracket, memberikan lebih banyak ruang untuk kaki penumpang belakang.
Detail Teknis yang Maju
Meskipun detail teknis khusus dari platform mobil listrik generasi berikutnya BMW masih harus diungkapkan, bos R&D Frank Weber telah menyatakan bahwa platform ini akan memberikan "30 persen lebih banyak jarak tempuh, pengisian daya 30 persen lebih cepat, dan efisiensi 25 persen lebih tinggi" dibandingkan dengan model saat ini. Baterai lithium-ion Gen6 baru, dengan sel silindris daripada sel prisma, akan memiliki kepadatan energi 20 persen lebih tinggi, mampu mengisi daya hingga 270 kW (menambahkan 300 km dalam hanya 10 menit), dan pada akhirnya memberikan jarak tempuh hingga 1000 km.
Selain itu, perubahan dalam desain baterai dan proses produksi diperkirakan dapat mengurangi biaya hingga 50 persen, yang dapat berdampak signifikan pada harga akhir mobil listrik BMW. Namun, BMW belum mengungkapkan harga untuk kendaraan Neue Klasse.
Produksi mobil listrik ini akan dimulai di pabrik ramah lingkungan BMW di Debrecen, Hungaria. Fasilitas ini akan beroperasi tanpa bahan bakar fosil, lebih bergantung pada bahan-bahan sekunder, dan memiliki emisi CO2 yang lebih rendah, sesuai dengan komitmen BMW terhadap keberlanjutan.
Dengan visi dan inovasi yang kuat, BMW menggambarkan masa depan mobil listrik yang menarik dan menggiurkan. Vision Neue Klasse adalah langkah besar dalam perjalanan ini, dan para pecinta mobil listrik dapat menantikan pengembangan lebih lanjut dari BMW dalam mengubah lanskap otomotif elektrik.