ADAB-ADAB HARI JUM’AT Oleh Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani 1. Memperbanyak do’a dan mendekatkan diri kepada A...
ADAB-ADAB HARI JUM’AT
May 13, 2016
Daftar Isi [Tampil]
ADAB-ADAB HARI JUM’AT
Oleh
Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani
Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani
1. Memperbanyak do’a dan mendekatkan diri kepada Allah, karena di
hari Jum’at terdapat waktu yang mustajab (dikabulkannya do’a). Hal ini
berdasarkan hadits:
فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ
يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ
وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.
“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim
melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala,
niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat
dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [HR. Al-Bukhari
no. 9300 dan Muslim no. 852][1]
2. Memperbanyak shalawat kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ
الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْراً
“Perbanyaklah oleh kalian shalawat kepadaku pada hari Jum’at dan
malam Jum’at karena barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali
niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” [HR. Al-Baihaqi
III/249 dari Anas Radhiyallahu anhu, sanadnya hasan. Lihat Silsilah
al-Ahaadiits ash-Shahiihah no. 1407].
3. Mandi besar, memakai wangi-wangian, dan memakai pakaian yang terbagus.
Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
لاَ يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ
مِنْ طُهْرٍ وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيْبِ بَيْتِهِ
ثُمَّ يَخْرُجُ فَلاَ يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ثُمَّ يُصَلِّي مَا
كُتِبَ لَهُ ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ اْلإِمَامُ إِلاَّ غُفِرَ لَهُ
مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ اْلأُخْرَى.
“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at, dan bersuci semampunya,
berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya,
kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang
(yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang
sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama)
ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang
terjadi) antara Jum’at tersebut dan ke Jum’at berikutnya.” [HR.
Al-Bukhari no. 883]
4. Membaca al-Qur-an surat al-Kahfi, berdasarkan hadits:
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ.
“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at akan diberikan
cahaya baginya di antara dua Jum’at.”[HR. Al-Hakim II/368 dan al-Baihaqi
III/249 dishahihkan oleh Imam al-Albani dalam Irwaa-ul Ghaliil no.
626].
5. Bersegera untuk datang lebih awal pada shalat Jum’at.
Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً.
“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at seperti mandi janabah lalu
segera pergi ke masjid, maka seakan-akan berkurban dengan unta yang
gemuk” [HR. Al-Bukhari no. 881, Muslim no. 850, Abu Dawud no. 351,
at-Tirmidzi no. 499]
6. Hendaknya mengerjakan shalat sunnah empat raka’at setelah selesai shalat Jum’at, berdasarkan hadits:
إِذَا صَلَّيْتُمْ بَعْدَ الْجُمُعَةِ فَصَلُّوْا أَرْبَعًا.
“Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jum’at maka shalat (sunnah)lah empat raka’at. [HR. Muslim no. 881 (68)][2]
[Disalin dari kitab Aadaab Islaamiyyah, Penulis ‘Abdul Hamid bin
‘Abdirrahman as-Suhaibani, Judul dalam Bahasa Indonesia Adab Harian
Muslim Teladan, Penerjemah Zaki Rahmawan, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir
Bogor, Cetakan Kedua Shafar 1427H – Maret 2006M]
_______
Footnote
[1]. Waktu itu batasnya adalah sampai dengan ‘Ashar, dan inilah pendapat Jumhur ulama yang dikuatkan oleh Ibnul Qayyim dalam kitabnya, Zaadul Ma’aad fii Hadyi Khairil ‘Ibaad I/389-394, berdasarkan hadits Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
_______
Footnote
[1]. Waktu itu batasnya adalah sampai dengan ‘Ashar, dan inilah pendapat Jumhur ulama yang dikuatkan oleh Ibnul Qayyim dalam kitabnya, Zaadul Ma’aad fii Hadyi Khairil ‘Ibaad I/389-394, berdasarkan hadits Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوْجَدُ فِيْهَا
عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ
فَالْتَمِسُوْهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ.
“Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang muslim pun yang
memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan
dikabulkan oleh Allah. Maka carilah di akhir waktu tersebut, yaitu
setelah ‘Ashar.” [HR. Abu Dawud no. 1048, an-Nasa-i dalam Sunannya
III/99-100 dan al-Hakim dalam al-Mustadrak I/279 -penj].
[2]. Mengerjakan shalat sunnah empat raka’at setelah shalat Jum’at
-dikerjakan setelah selesai berdzikir atau telah keluar dari masjid,
(HR. Muslim no. 883) dapat pula dikerjakan di masjid- sebanyak dua
raka’at kemudian ditambah dua raka’at lagi dikerjakan di rumah, [HR.
Muslim no. 881 (68)) dan tidak boleh melakukan sunnah tersebut di tempat
mengerjakan shalat jum’at. (HR. Ibnu Majah no. 1127)].
Baca Juga Adab Yang Berkaitan Dengan Masjid
Baca Juga Adab Yang Berkaitan Dengan Masjid
Dikutip dari almanhaj.or.id
Bantu Apresiasi Bantu berikan apresiasi jika artikelnya dirasa bermanfaat agar penulis lebih semangat lagi membuat artikel bermanfaat lainnya. Terima kasih.